Minggu, 26 Desember 2010

Linguistik Strukturalis

LINGUISTIK STRUKTURALIS
Linguistic strukturalis berusaha mendeskripsikan suatu bahasa berdasarkan cirri atau sifat khas yang dimiliki bahasa itu.
a. Ferdinand de Saussure (1857-1913)
Course de linguistic generalle
- Telaah singkronik : mempelajari suatu bahasa pada suatu kurung waktu tertentu
- Telaah diakronik : telaah bahasa sepanjang masa, atau sepanjang zaman bahasa itu digunakan oleh para penuturnya
- La language : keseluruhan system tanda yang berfungsi sebagai alat komunikasi verbal antara anggota suatu masyarakat bahasa, sifatnya abstrak.
- La parole : pemakaian, realisasi langue, sifatnya konkrit
- Signifiat : Citra bunyi atau kesan psikologis yang timbul dalam fikiran kita.
- Signifie : pengertian atau kesan makna yang ada dalam fikiran kita.
- Hubungan sintagmatis
Hubungan antara unsure- unsure yang terdapat dalam suatu tuturan, yang tersusun secara berurutan dan bersifat linear.
Hubungan paradigmatic
Hubungan antara unsure-unsur yang terdapat dalam suatu tuturan dengan unsure-unsur sejenis yang tidak terdapat dalam tuturan yang bersangkutan.

b. Morfology (inteernal)
Menyangkut struktur internal kata, contoh : kata “tertidur” kata ini terdiri atas dua morfem yakni ter- dan tidur, kata ter tidak dapat berdiri sendiri. Jadi kata ter-tidur mempunyai struktur internal dengan bagian-bagiannya.

c. Sintaksis (eksternal)
Menyangkut susunan kata dalam kalimat, contoh : “kami tidak dapat melihat pohon itu”
Tidak dapat kita urutkan menjadi pohon itu dapat kami tidak melihat… maknanya menjadi tidak jelas karena tidak ada struktur yang mengatur tiap kata.

d. Kaitan Antara Tata Bahasa, Fonology dan Fonetik
Fungsional
- Tata bahasa
• Sintaksis
• Morphology
- Fonologi
Dasar fisik ------- fonetik.
e. Pragmatic
Pragmatic merupakan cabang linguistic yang membahas tentang apa yang termasuk struktur bahasa sebagai alat komunikasi antara penutur dan pendengar, dan sebagai pengacuan tanda-tanda bahasa pada hal- hal ekstralingual yang dibicarakan.
Contoh ; john went home and had a snack
Disini ada dua klausa : john went home dan john had a snack. Keduanya digabung menjadi kalimat dan john sebagai subyek dihilangkan pada kalimat kedua.
f. Linguistic Singkronik dan Diakronik
Pada awal abad ke – 19 hampir seluruh bidang linguistic merupakan linguistic historis, khususnya menyangkut bahasa-bahasa Indo-Eropa. Yang diteliti pada zaman itu adalah misalnya bagaimana bahasa yunani kuno dan bahasa latin menunjukkan keserumpunan. Hal tersebut ditemukan berkat penelitian tentang bahasa sangsekerta, pada abad itu pula diteliti bagaimana rumpun bahasa-bahasa Germanik seperti german, Belanda, Inggris, dan bahasa Scandinavian saling berhubungan secara historis. Dan bagaimana bahasa-bahasa Roman (seperti bahasa prancis, bahasa oksidan, bahasa Spanyol, Portugis dll) diturungkan dari bahasa latin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar