Minggu, 26 Desember 2010

Sejarah dan Aliran Linguistik

SEJARAH DAN ALIRAN LINGUISTIK
Ilmu linguistic dapat dibagi menjadi dua yaitu linguistic tradisional dan linguistic strukturalis. Linguistic tradisional menganalisa bahasa berdasarkan filsafat dan semantic, sedangkan linguistic strukturalis mengkaji bahasa berdasarkan struktur atau cirri-ciri formal yang ada dalam bahasa tertentu.
Linguistic tradisional dibagi menjadi lima decade dimana setiap periode tersebut mempunyai perbedaan atau cirri yang khas. Pertama pada abad ke 5 SM hingga abad 2 M terdapat teori linguistic zaman yunani, masalah yang sering dibahas yaitu pertentangan antara fisis dan nomos serta pertentangan antara conomali dan analogi.
Sesudah zaman yunani, muncul kaum sophis yang kemudian di susul oleh teori plato. Kaum sophis lebih menekankan pengklarifikasian bentuk kalimat, ia membagi kalimat menjadi kalimat Tanya, Perintah, Jawab, Narasi, Laporan, Doa dan undangan. Plato merupakan orang yang pertama membedakan kata dalam Anoma dan Rhema. Aristoteles yang merupakan murid Plato tak mau ketinggalan, ia menambah teori gurunya dengan menambah satu kelas lagi yaitu: Syndesnici.
Sesudah itu, muncul kaum Stoic yang diperkirakan beredar pada abad 4 SM dimana mereka lebih spesifik lagi dalam membagi jenis kata dan membedakan kata kerja. Selain keempat periode tersebut, masih terdapat satu teori lagi yang dipopulerkan oleh kaum Alexandrian yang menganut faham analogy dalam study bahasa. Pada linguistic tradisional itu sendiri selain saman yunani, juga ada zaman pertengahan, zaman romawi, zaman renessince dan menjelang lahirnya linguistic modern.
Linguistic strukturalis lebih berusaha mendiskripsikan suatu bahasa berdasarkan cirri atau sifat yang dimiliki bahasa itu sendiri. Ferdinand de Saussure telah menelaah singkronik dan diakronik langue dan parole, significant dan signifie serta hubungan sintagmatis dan pragmatic.
A. Linguistic tradisional
1. Linguistic zaman yunani
- Sofhis
- Plato
- Aristoteles
- Stoic
- Alexandrian
2. Linguistic zaman romawi
- Verro dan de lingua latina
- Institutional gramatikal
- Fonologi
- Sintaksis
- morfology
3. Linguisitik zaman pertengahan
- Kaum Modistae, Doincaing, Fisis, Nomus, Anomaly Sananulogi
- Tata bahasa spekulsfiva, hasil integrasi deskripsi gramatikal bahasa latin kedalam bahasa filsafat skolastik
- Petrus Hibpanus
4. Linguistic zaman percerahan
- Selain menguasai bahasa latin, juga menguasai bahasa yunani, Ibrani dan bahasa Arab
- Selain bahasa yunani, Latin, Arab dan Ibrani bahasa-bahasa Eropa lainnya juga mendapat perhatian dalam bentuk pembahasan, penyusunan tata bahasa.
5. Menjelang lahirnya linguistic modrn
- Pada tata bahasa tradisional ini tidak dikenal adanya perbedaan antara bahasa ujaran dengan bahasa tulisan
- Bahasa yang disusun tata bahasanya, dideskripsikan dengan mengambil patokan-patokan bahasa lain
- Kaidah-kaidah bahasa dibuat secara preskriptif, yakni benar atau salah
- Persoalan kebahasaan sering kali dideskripsikan dengan melibatkan logika
- Penemuan-penemuan atau kaidah-kaidah terdahulu cenderung untuk selalu dipertahankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar